fbpx

Bisnis Anti Krisis Ekonomi

Bisnis Anti Krisis Ekonomi

Jika diperhatikan setiap krisis bisa membawa hal yang posisi jika kita bisa mengambil sudut pandang yang tepat tapi jika kita mengambil sudut pandang yang kurang tepat / tidak bagus maka pikiran kita akan mengeluh dengan adanya krisis. Intinya setiap saat kita harus pintar beradapatasi bagaimanapun keadaanya, jika seseorang sudah mahir beradaptasi maka keadaan bagaimanapun bukan menjadi ancaman tapi tantangan, dan semakin lama semakin terlatih menghadapinya itulah kesuksesan. Bisnis Anti Krisis Ekonomi.

Lho bagaimana dengan saat ini sedang adanya pademi covid-19, sesuai anjuran pemerintah harus berdiam diri dirumah / melakukan aktivitas dirumah. Bagus kan kalo berdiam diri dirumah tanpa harus keluar rumah, tanpa harus sewa ruko / kios kalau mau usaha, kenapa tidak dimaksimalkan secara online saja, memang tidak mudah tapi pasti ada jalan, jika kita selalu berikhtiar dan berdoa, beradapatasilah segera mungkin.

Peluang usaha disaat krisis yang dapat bertahan adalah:

1.Bisnis Makanan / Kuliner

Setiap orang pasti butuh makan, kebutuhan makanan adalah kebutuhan prioritas, kalau merasa lapar solusinya harus makan, beda dengan pakaian yang bukan keputuhan primer. Bagaimana dengan kondisi saat ini pademi covid19, segera beradaptasi untuk segera beralih ke digital marketing / pemasaran secara online. Mau tidak mau, suka atau tidak kita harus belajar bisnis online. Contoh sederhana maksimalkan media sosial, seperti WA, FB, IG, Twitter dan linkedin untuk branding dan promosi.

2. Jual Kebutuhan Pokok

Walaupun kebanyakan orang harus dirumah dan harus menghindari banyak kerumunan terutama di pasar-pasar tapi kebutuhan makan perlu dipenuhi. untuk sehari-hari. Kita memberikan solusi dengan menyediakan bahan pokok seperti sembako, beras, gula, terigu, mie instan, telor dan lainya. Kita sediakan di toko kita jika kita mempunyai toko didekat rumah atau bisa juga dirumah. Jadi mereka yang keberatan karena pademi untuk pergi kepasar bisa berkunjung ke rumah / toko kita yang dekat rumah.

3. Bengkel Kendaraan Bermotor

Selama orang masih menggunakan motor, usaha bengkel tidak akan sepi karna orang butuh service ringan maupun berat, ganti spartpart dan ganti oli. Jika sepi mungkin pelayanan kurang baik atau biaya servicenya yang terlalu mahal. Solusinya disaat pademi ini bisa kerjasama dengan montir yang ahli untuk mengunjungi customer yang motornya mau diservice, karena kumpul terlalu banyak orang di bengkel juga tidak boleh harus dibatasi. Jadi customer datang ke bengkel untuk minta jadwal kunjungan service.

4. Jasa Pelayanan IT

Tepat sasaran jika tenaga IT diperlukan saat ini karena banyak perkantoran yang membatasi karyawan yang masuk hanya 50% dari seluruh karyawan jadi karyawan secara bergiliran masuknya. Nah karyawan yang bekerja dari rumah WFH = Work From Home pasti sebagian menggunakan laptop, dan pasti membutuhkan setingan agar laptopnya dapat secara maksimal mengakses data dari kantor dan dapat melakukan zoom meeting, karena sebagian besar datanya ada dikantor. Hal seperti ini yang membuka peluang untuk tenaga IT dalam menseting laptop karyawan agar bisa digunakan dirumah seperti menggunakan komputer dikantor karena dapat mengakses data-data kantor.

Itulah peluang usaha yang dapat kita lakukan disaat pademi, saya yakin masih banyak peluang usaha di sekeliling kita yang masih bisa kita garap, jadi tetap optimis dan jaga kesehatan walaupun dirumah saja serta tetap produktif menghasilkan dari income, karena kita tidak tahu kapan berakhir pademi ini, yang penting kita jaga keluarga dan kita ikhtiar terus untuk melakukan bisnis secara online dari rumah. Semoga bermanfaat, kurang lebihnya saya mohon maaf..

Baca Juga

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonINFO LENGKAP
error: Content is protected !!