fbpx

Cara Membuka Usaha Service Komputer

Cara Membuka Usaha Service Komputer

Saya bercerita dulu tidak apa-apa ya berbagi pengalaman tentang saya dan teman saya karna saya jenis usaha kita sama dan kita kerja bareng sampai saat ini. Mengingatkan kita tahun 2000 an monitor komputer masih besar dan tabung, saat itu sudah ada VCD / DVD Rom kalau ga salah namanya. Sekitar tahun 2000 an keatas kita memulai usaha dari buka rental pengetikan, masing-masing punya tempat, saat itu menyewa kios jasa pengetikan, service, install dan penerjemah walaupun yang mau menerjemahkan juga sama sekali belum ada hehe. Cara Membuka Usaha Service Komputer.

Jika kita punya proyek pengadaan komputer, kita gabung patungan dana dan kita saling melengkapi, teman saya yang install dan saya bagian pembelian dan pengiriman, begitu juga kalau ada service panggilan rumahan saya ajak teman saya dan kita hasil begitu seterusnya. Jika teman saya butuh saya, maka kita bagi hasil juga.

Tidak mudah ya usaha pengetikan apalagi jauh dari kampus, dulu kan dikampus-kampus trend nya ada rental pengetikan, dan jasa pengetikan untuk skripsi atau laporan. Saya dan teman saya sudah sering buka tutup usaha rental komputer, pindah sana sini dan gabung sana sini, patungan sana sini dan akhirnya tidak ada tempat yang disewa.

Kenapa karena teman saya dan saya sudah service komputer keliling, lagipula lumayan service keliling daripada punya rental komputer hehe dan saya suka bantu-bantu, service ke kantor-kantor jika mendapatkan panggilan, begitu seterusnya dijalankan dengan suka duka, pernah di tipu, dimarahi bos owner pemilik perusahaan, teman saya pernah hapus data dikomputer, saya pernah rugi saat memberikan kredit netbook ke karyawan karena pembayaran macet dan susah untuk ditagih.

Sampai akhirnya teman saya punya ide kalau hanya mengandalkan service komputer dan pengadaan juga kadang-kadang tidak sering repot juga untuk mendapatkan masukan, karena kita dibayar berdasarkan kunjungan. Teman saya ada ide backup data kantor, karena sering kita perhatikan karyawan acuh terhadap data kantor, pas tiba-tiba datanya dibutuhkan, datanya hilang atau hardisknya sudah rusak, itu yang kita perhatikan dan pastinya perusahaan mau dong diberikan solusi backup data.

Tercapailah satu kantor backup data, tapi repot dan ribet juga ya karena setiap kunjungan saya dan teman harus menghampiri karyawan yang sedang kerja untuk izin pinjam komputer / laptopnya untuk dibackup. Tapi kita lalui aja prosesnya dengan ikhlas, lama kelamaan teman saya menemukan software yang bisa menarik data secara semi otomatis dari setiap komputer dan data yang tidak ketarik saya bisa remote dari rumah untuk menarik data tersebut di cek mana yang ketarik mana yang tidak. Jadi saat kunjungan kita mengerjakan yang trouble saja, sisanya bisa diremote dan tidak selalu sering menganggu kinerja karyawan.

Proses itu memakan waktu lebih dari 5 – 10 tahun ya, pengalaman kita yang sebenarnya 20 tahun lebih kalau saya 13 tahun karena 7 tahun saya tidak fokus hanya sesekali saja bantu teman. Tapi saat ini sudah fokus kembali. Jadi seperti itulah proses untuk usaha dan bisa memetik hasilnya, sekarang ini ada sekitar 5 perusahaan yang sudah bersedia dibackup setiap bulan dan alhamdulillah mereka tetap memakai jasa kita. Selain itu ada 2-3 perusahaan yang sesekali suka minta dibantu. Pastinya di 5 perusahaan itu kita keliling mengadakan kunjungan.

Tipsnya apa, walaupun jobdesk kita backup data kunjungan hanya 1x dalam seminggu tapi kita membuka konsultasi untuk karyawanya jika ada masalah, kapan saja bisa WA begitu juga dengan ownernya. Kita juga memberikan service free of charge membantu seting-seting komputer jika diperlukan, efeknya positif jika ada pengadaan komputer kita dilibatkan, jika ada komputer yang mau diperbaiki dan di upgrade kita dipanggil.

Alhamdulillah jadi ada masukan income selain dari backup data yang tetap tiap bulan. Berikan sesuatu yang dibutuhkan terlebih dahulu ke customer kemudian kita akan mendapatkan sesuatu jangan pelit kita berharap mendapatkan sesuatu terlebih dahulu…itu seperti mimpi.

Intinya apapun usaha kita terus fokus kerjakan secara terus menerus pantang menyerah, pasti ada jalan keluar, dan akan tiba saatnya yang indah menikmati hasil, tanpa kita harus susah payah seperti teman saya sebar-sebar brosur dijalanan, apalagi sekarang sudah era digital kita mulai go online juga, teman saya bisa maanfaatkan affliate hosting untuk perusahaan. Disela waktu agak senggang kita manfaatkan di bidang era digital dan kita juga suka mendapatkan undangan untuk mengisi workshop SMK Motivasi Insani Di Cibinong dengan tema Pemasaran Secara Online. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonINFO LENGKAP
error: Content is protected !!