fbpx
Cara Sukses Memulai Usaha Kuliner

Cara Sukses Memulai Usaha Kuliner

Cara Sukses Memulai Usaha Kuliner

Usaha atau bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang paling banyak digeluti orang, karena resiko yang mungkin dihadapi tidak terlalu tinggi, karena produk yang ditawarkan merupakan makanan dimana makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Cara Sukses Memulai Usaha Kuliner.

Orang pasti akan mencari kuliner jika perut terasa lapar dan ingin merasakan kuliner yang terkenal dan enak, kemanapun akan dicari kuliner tersebut, beda dengan kebutuhan lainya yang masih bisa ditahan.

Banyak yang menggeluti bisnis yang satu ini, mulai dari pemula maupun orang yang sudah berpengalaman atau profesional, karena jenis usaha yang satu ini cukup mudah untuk dijalankan. Meskipun begitu, tidak sedikit juga diantara mereka yang tidak mampu bertahan lama dalam menjalankan bisnis kuliner alias gulung tikar. Tingkat persaingan yang cukup tinggi mengharuskan Anda untuk menyusun strategi dan perencanaan yang matang agar usaha yang ingin Anda jalankan berjalan dengan baik bahkan sukses. Mental PANTANG MENYERAH harus dipersiapakan, berapa kali kita gagal harus bangkit, bangkit lagi sampai tujuan kita tercapai…

Berikut ini beberapa strategi dan tips sukses untuk menjalankan bisnis kuliner yang harus Anda lakukan :

1. Lokasi Usaha

Salah satu strategi yang harus Anda lakukan sebelum memulai usaha atau bisnis kuliner Anda yaitu menentukan lokasi yang tepat dan pas. Membuka warung, restoran atau cafe tidak sembarang memilih tempat atau lokasi begitu saja. Salah satu kunci sukses agar bisnis kuliner Anda lancar dan maju yaitu dengan memilih lokasi yang strategis.

Beberapa tempat atau lokasi yang cukup strategis untuk membuka restoran atau warung makan yaitu di tempat yang ramai atau biasa dilewati orang seperti pinggir jalan raya, dekat mall, dekat pertokoan atau pasar dan dekat kantor. Dengan memilih lokasi yang cocok akan mudah di jangkau oleh pengunjung dan tentunya memudahkan Anda mendapat pelanggan.

2. Lakukan Riset

Selain menentukan lokasi yang strategis, melakukan riset sangat penting bahkan wajib dilakukan oleh setiap orang yang ingin membuka usaha atau memulai bisnis.

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis kuliner, Anda perlu melakukan riset mengenai jenis makanan atau menu seperti apa yang kiranya paling banyak diminati orang-orang disekitar lokasi tempat makan yang akan Anda bangun. Dan memilih jenis makanan yang belum ada di sekitar lokasi. Jika Anda menjual makanan yang sudah banyak dijual ditempat tersebut, otomatis persaingannya lebih tinggi dan daya belinya semakin rendah.

Kecuali jika makanan yang Anda tawarkan lebih enak diantara yang lainnya. Trus perhatikan apakah ada supermarket atau alfmart atau alfamidi atau indomart, jika ada lokasi tersebut strategis dan berada dilokasi padat penduduk, pastinya pihak alfamart / indomart sudah terlebih dahulu survey..

3. Terapkan Hasil Riset

Setelah melakukan riset, hal yang perlu Anda lakukan tentunya yaitu menjalankan dan menerapkan hasil riset tersebut. Seperti menjual makanan yang paling banyak diminati warga sekitar lokasi namun belum ada warung makan atau penjual yang menawarkan makanan tersebut.

4. Tentukan Harga

Harga merupakan salah satu faktor daya beli seseorang. Apabila Anda menjual makanan dengan daya saing yang tinggi di lokasi tersebut, Anda harus pintar pintar menentukan harga yang pas yang mampu menarik pengunjung lebih banyak. Dengan harga yang lebih murah namun tetap mengutamakan kualitas rasa, pembeli akan lebih memilih membeli makanan tersebut di tempat Anda.

5. Pelajari Kesuksesan Pesaing

Menjalankan bisnis yang sukses tidak semudah yang dibayangkan. Agar usaha kuliner Anda mencapai kesuksesan, tentunya Anda perlu belajar dan mencontoh bisnis kuliner lainnya yang sudah mapan dan sukses bahkan saingan Anda sekalipun.

Beberapa hal yang mesti Anda contoh seperti pelayanannya, kualitas dan cita rasa produk atau makanan, kebersihan tempatnya dll. Dalam bisnis SAH menyontek hehe, contek bisnis orang lain lalu MODIF buat sekreatif mungkin dan kombinasi dengan online / tehnologi Internet

6. Fasilitas Yang Baik

Makanan yang lezat saja tidak cukup membuat pembeli Anda mau balik lagi mengunjungi warung makan Anda dan menjadi pelanggan Anda. Fasilitas serta kondisi tempat merupakan salah satu penunjang yang membuat orang ingin berlama-lama bahkan balik lagi makan ke tempat Anda.

Usahakan untuk menciptakan tempat yang senyaman mungkin dengan fasilitas yang lengkap seperti toilet yang bersih, mushala, area parkir yang cukup luas, furniture yang unik dan nyaman serta dekorasi tempat yang asyik dan cozy. Tampilkan NILAI TAMBAH seperti ada parkir motor dan mobil, bagi-bagi diskon,..pelayan yang baik..

7. Utamakan Kepuasan Pelanggan

Faktor penting lain yang harus Anda perhatikan untuk kelangsungan bisnis kuliner Anda yaitu dengan mengutamakan kepuasan pelanggan. Caranya yaitu dengan memberikan pelayanan yang sebaik mungkin, seperti ramah, cepat, tempat yang nyaman dan menu yang lezat.

Dengan membuat pengunjung merasa puas, akan menciptakan RO (Repeat Order), yang memungkinkan mereka berkunjung kembali ke tempat makan Anda bahkan menjadi pelanggan setia Anda.

8. Jaga Kebersihan Tempat Usaha

Kebersihan tempat, makanan serta cara mengolah makanan merupakan faktor penting yang tidak boleh Anda sepelekan. Bisnis kuliner menuntut Anda untuk mengutamakan kebersihan. Dengan tempat yang bersih, makanan yang bersih serta cara pengolahannya yang bersih, membuat orang tidak ragu mengunjungi tempat makan Anda.

9. Buat Jam Opreasional Tetap
Saat Anda sudah memulai bisnis kuliner, Anda perlu menentukan jam operasional warung makan Anda. Kapan mulai buka dan pukul berapa ditutup. Dari kebanyakan orang lebih menyukai tempat makan yang memiliki jam operasional yang tetap. Mengapa? Karena dengan jam operasional yang jelas dan tetap, mereka tahu kapan mereka bisa makan di tempat Anda.

10. Lakukan Peningkatan dan Jangan Lupa Promosi
Saat usaha Anda mulai mengalami kemajuan dan peningkatan seperti bertambahnya jumlah pengunjung bahkan pelanggan, yang harus Anda lakukan agar bisnis Anda semakin besar dan meningkat yaitu dengan memperluas jaringan bisnis Anda dengan membuka cabang dibeberapa daerah lain.

Jangan lupa untuk melakukan promosi seperti membuat akun media sosial agar semakin banyak orang yang mengetahui tempat usaha Anda atau dengan cara promosi lainnya seperti menawarkan potongan harga atau diskon yang mampu menarik lebih banyak pengunjung. KOMBINASIKAN DENGAN PROMOSI SECARA ONLINE.

Tehnisnya untuk promosi di media sosial:

  1. Maksimalkan Whatsapp, Facebook, dan Instagram jika mau linkedin dan twitter juga boleh dengan buat akun untuk masing-masing media sosial. Optimasi WA Status dan WA Story. Buat WA Status kita yang keren dan foto selfie dengan produk lalu buat WA Story dengan memposting gambar / foto minimal 30 foto setiap hari dengan catatan foto tersebut berkaitan dengan produk yang kita jual dan tidak campur-campur dengan foto pribadi atau foto lucu lainya. Contoh hari ini posting screen shot foto testimoni, full 30 foto testimoni semua. Kemudian besoknya ganti tema dengan memposting manfaat dari produk minimal 30 foto tanpa dicampur-campur agar yang melihat WA Story kita fokus dengan tema nya yang kita sampaikan. Jika kita memiliki smartphone dengan RAM 2 gb sebaiknya dicicil pagi 10 foto diposting, siang 10 foto diposting dan malam 10 foto diposting agar terhindar dari hang / macet.
  2. Optimasi FB Status dan buat Fanpage di Facebook. Buat status di FB minimal sehari 5x, dengan urutan pertama posting sesuatu yang bermanfaat, posting video / gambar lucu, posting tutorial / resep apa saja dan yang terakhir posting produk kita. Untuk buat fanpage / halaman di facebook buat tema yang umum seperti kuliner / hijab / internet agar mudah disetujui oleh FB. Lalu posting di Fanpage sehari 5x sesuai dengan produk kita, posting manfaat, saat packing, saat pengiriman dan saat serah terima produk dengan customer dan seterusnya, semua kegiatan A sampai Z di foto dan masukan fanpage agar teman kita tahu kalo kita usaha seperti ini dan jangkauan posting di fanpage lebih luas walaupun ga luas banget sekitar 5 %, kalau mau jangkauanya luas dan tertaget, pasang iklan di FB Ads. Catatan bisnis kuliner idealnya dengan FB Ads sebagai sarana promosi karena dapat di setting jangkauan / radius kilometer orang-orang yang tinggal berdekatan dengan usaha kita dapat melihat promosi kita du FB dan bisa di seting 2 km, 3 km, 5 km bahkan tanpa batas jangkaun, keluar negeri pun juga bisa.
  3. Optimasi Instagram. Buat 3 akun instagram, akun produk, akun testimoni dan akun pribadi nantinya semuanya akan support saling like dan komen. Untuk kontenya jangan posting jualan terus ya tapi posting sesuatu yang bermanfaat seperti tutorial, tips dan video durasi pendek yang masih berkaitan dengan produk kita. Buat Bio Profile yang simple dan mudah di hubungi. Ingat setiap akun jangan dicampur-campur fotonya dengan kegiatan lainya, kalau foto produk ya produk saja yang di posting, begitu juga yang lainya sama.
  4. Optimasi LinkedIn. Buat akun LinkedIn lalu isi data kita selengkapnya dan masukan foto kita yang paling keren dan bagus. Posting konten yang bermanfaat dengan produk kita jangan jualan tapi branding manfaat, lalu beri keterangan untuk info lengkap silahkan WA No 12345678910.
  5. Optimasi Twitter. Buat akun twitter lalu posting tulisan-tulisan yang bermanfaat.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonINFO LENGKAP
error: Content is protected !!