fbpx
Pengalaman Selama Ibadah Umroh

Pengalaman Selama Ibadah Umroh

Assalam mualaikum wr wb

Sebelumnya saya mahon maaf saya bukan pamer setelah menjalankan ibadah umroh tapi semata-mata karena allah dan ingin berbagi untuk yang belum pernah menjalankan UMRAH, tujuanya supaya umrah itu menjadi suatu ibadah yang dapat dijalankan dengan baik dan ikhlas karena bukan hanya ibadah saja di mekkah dan madinah tapi lebih ditekankan untuk persiapan haji, latihan sebelum haji, ibadah umrah itu ibadah fisik, jadi siapa saja yang masih usia muda dan punya kemampuan segera berangkat, kita bisa beli motor vario terbaru masa seh untuk berangkat umrah tidak bisa, jika usia sudag lanjut akan lambat gerak dan kegesitan kita,..saya share sementara saat umrahnya saja dulu ya sebelum atau persiapan umrah seperti buat pasport, rekomendasi dari kementrian agama dan suntik meningitis menyusul ya, info dan pengalaman berdaasarkan tahun 2017

Sebelum berangkat umrah saya sarankan untuk

  1. Niat Ikhlas, sabar dan berlapang dada apapun yang terjadi harus di ikhlasnya dan tetap ikhtiar minta dimudahkan dan dilancarkan dari keberangkatan sampai kepulangan..
  2. Niat memohon menjadi tamu ALLAh yang ISTIMEWA, kalo sudah mantap niatnya apapun kendala dalam keberangkatan, selama ibadah di mekkah madinah dan sampai kepulangan HARUS ditrima dengan ikhlas JANGAN ngedumel / mengeluh / marah-marah karena semua itu allah yang memberikan seperti itu kalo kita mau melewati ujian menjadi UMRAH yang mabrur dan ditrima allah serta ada perubahan dalam hidup kita, jangan tergoda dengan emosi trima semuanya dengan ikhlas, kalo kita mengaku beriman ya harus terima ujian dari allah karena apakah  benar kita benar-benar beriman kepada ALLAH. Jangan sia-siakan harta yang sudah di keluarkan dijalan allah, keletihan tenaga dan pikiran kalo bukan semata-mata karna allah dan harapan mendapatkan umrah yang mabrur. Sayang kan kalo kita sudah habis-habisan tapi prilaku kita tidak dijaga..
  3. Selalu memperbaiki diri seperti ibadah wajib dan sunnah diperbaiki dan ditingkatkan, ahlak dijaga, jaga emosi, jangan bermaksiat, hindari hal-hal yang sia-sia, setiap saat usahakan kegiatan kita karna allah dan bermanfaat untuk kita dan orang lain..
  4. Persiapkan Mental karna ibadah umrah haji itu ibadah fisik yang menguras tenaga dan mental, baik pikiran dan harta
  5. Persiapkan FISIK , olahraga rutin sebelum keberangkatan dengan jogging, sebaiknya semasa muda sudah ada niatan umrah dan haji karna jika sudah usia tua akan repot dengan kondisi fisik dan kesehatan,..
  6. Pelajari Sejarah Umrah dan Haji serta tempat ibadah nabi seperti masjid kuba, Masjid Qiblatain atau Masjid 2 Kiblat, jabal uhud, jabal rahmah akan menambah keimanan kita saat mengunjunginya dan kita akan nyambung saat dijelaskan oleh team leader di mekkah dan madinah..
  7. Jangan Mengeluh, menjaga mulut tidak berkata kotor / dengki / iri / memaki maki dan prilaku selama berada di madinah dan mekah, selama si indonesia dan seterusnya harusnya bisa menjaga semuanya tidak hanya di mekkah dan madinah

Umrah itu ibadah fisik karna Tahapan Umroh itu

A. Niat di miqot jarak yang jauh dari mekkah

B. Tawaf mengelilingi kabah 7 kali, saat saya ke mekkah disekeliling kabah kondisinya sedang dalam perbaikan jadi untuk tawaf ( mengelilingi kabah ) harus antre dan buka tutup jalan karna tempat tawafnya menyempit, hal seperti ini diluar dugaan bukan, jadi untuk tawaf dengan kondisi nyaman harus ke lantai 2 atau 3 tapi jaraknya lebih jauh bisa 2-3 kali, jika demikian saya sarankan berdoa minta ke allah dimudahkan, dikuatkan dan diberi kemampuan untuk bisa tawaf ;angsung tawaf ga usah mikir jauh dan cape insya allah terkabul karna mekkah itu kota suci dan tempat yang mustajab…

C. Sa’i

Berjalan dan berlari kecil bagi pria dari bukit safa ke marwah 7 kali yang jarak totalnya perkiraan 3,5 km, seperti ini yang memerlukan fisik yang bagus..

 

Oia seandainya umrah itu berada di pesawat karna telah melewati miqot sebaiknya persiapkan sandal jepit jangan sepatu karena tidak boleh memakai sepatu tertutup jika sudah niat ihrom dan umrah mulai dari miqot (start memulai umrah), tas jinjing sudah dipersiapkan dari indonesia untuk pakaian ihrom dan perlengkapan lainya seperti obat-obatan, jangan meletakan dan membawa parfum atau sabun, odol, deodoran dan wewangian lain, sikat gigi (simpan di koper)  untuk menghindari agar tidak tergoda untuk memakainya karena kalo memakai wewangian akan kena sanksi atau dam sebesar 500 ribu atau sembelih seekor kambing, setelah tidah berihrom silahkan pakai wewangian..

Sai dari bukit safa ke bukit marwah

Dan satu hal dalam perjalanan berangkat atau pulang kemungkinan kita transit seperti saat saya berangkat dari Cengkareng Soekarno Hatta dengan Pesawat Emirates Airlines ditempuh dalam waktu 8 jam sampai di Bandara Dubai untuk transit sekitar 1 jam lalu lanjut ke Airport International King Abdul Aziz Kota Jeddah sekitar 2,5 jam  perjalanan sambil ambil miqot dan berpakaian ihrom ( dan keluar dari bandara king abdul aziz jangan menggunakan sepatu, pakai sandal jepit ) kemudian menuju mekkah sekitar 1-2 jam perjalanan, setibanya di hotel istirahat sebentar lanjut ke mekkah untuk tawaf, sa’i dan tahalul ( mencukur beberapa helai rambut ) itu belum istrihat spenuhnya hal seperti ini yang kadang tidak kita perhatikan dan memerlukan fisik karna dari jakarta saja sudah standby 4 jam sebelumnya sudah harus kumpul di airport soekarno hatta untuk pembagian pasport dan visa serta boarding pass.

Begitu juga dengan kepulanganya saya berangkat dari Madinah Airport Prince Abdul Aziz menuju Malaysia dengan pesawat Malaysia Airline selama 8 jam dan transit di Malaysia Airport Kuala lumpur selama 9 jam ( boarding pass, cek pasport, cek barang ) dari terminal awal tiba dan naik kereta bandara dan naik lift kemudian keluar naik bus menuju tempat tunggu dengan membawa koper  lalu menuju pesawat Air Asia yang tempatnya agak jauh,  setelah selesai urus paspoer dan barang, saya menuju  cengkareng Airport International Soekarno Hatta selama 2,5 jam, hal seperti ini harus kita jalani dengan senang hati dan dengan ikhlas karena saya juga tidak menyangka bisa lama transitnya, karena tujuan kita ke mekkah dan madinah menjadi tamu Allah yang ISTIMEWA

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonINFO LENGKAP
error: Content is protected !!